Sudah Pada Caci Maki, Ngak Taunya di Kamboja. Hayo Ngaku Siapa Yang Kemarin Sudah Fitnah?

Foto dua polisi bersama seorang pria dengan tangan terborgol tiba-tiba viral di jagat media sosial Indonesia. Rata-rata para pengguna media sosial mengkritik sikap aparat yang ada dalam foto tersebut.



Status di foto, kejadian itu seolah ada di Indonesia. ”Wahai oknum yang terhormat, pantaskah kamu menangkap orang yg ngambil jantung pisang di hutan?” Begitu penggalan status yang ditulis

loading...
loading...

Seolah mengerti betul keadaan pria yang diborgol. Menurut dia, demi menghidupi keluarga, pria itu mencari jantung pisang di hutan setiap hari untuk dijual ke pasar. Hasilnya untuk membeli segenggam beras.

Ternyata foto tersebut berasal dari Thaihothit.com, sebuah situs media thailand. Dalam terjemahan bahasa Indonesia, judul tulisan yang dibuat Thaihothit berbunyi, ”Kritik Drama! Menangkap Orang Miskin Mencuri Semak”. Diceritakan dalam foto itu kejadian penangkapan tersebut tidak di Thailand. Melainkan di Kamboja.

Untuk memastikan lagi, Jawa Pos mencari bentuk pakaian polisi Kamboja. Ternyata hasilnya persis dengan yang ditulis Thaihothit. Dua aparat dalam foto tersebut memang menggunakan pakaian polisi Kamboja. Topi, badge di lengan kiri, dan lencana di dada kiri memang identik dengan atribut kepolisian kamboja.
Previous
Next Post »