Dampak Kasus Adelina, Permintaan Netizen Untuk Stop Kirim TKI ke Malaysia Semakin Kuat



Pasca tewasnya Adelina Lisao, TKI asal Nusa Tenggara Timur, desakan kepada pemerintah untuk stop pengiriman tenaga kerja ke Malaysia semakin kuat. Tidak hanya netizen, bahkan pejabat pun setuju akan hal tersebut.


loading...
loading...


Bahkan Dubes Indonesia untuk Malaysia Rudi Kirana ikut menyuarakan hal serupa, Dubes Rusdi Kirana tidak menerima atas kejadian yang terjadi, menurutnya kejadian pada Adelina Lisao merupakan tragedi kemanusiaan. Hal ini membuatnya menginginkan adanya moratorium TKI sektor rumah tangga kepada Malaysia.

"Saya akan sampaikan langsung usulan moratorium ini kepada Presiden. Moratorium diperlukan untuk berikan kesempatan kepada kedua negara mem­perbaiki tata kelola pengiriman dan me­negosiasikan ulang perjanjian yang lebih melindungi TKI," katanya

Selain Rusdi Kirana, warga dunia maya juga ikut menyuarakan moratorium TKI: 

"Ya mending moratorium dulu sudah berkali-kali kejadian TKI jadi korban pe­nyiksaan di malaysia @jokowi," cuit akun @yuanbowo.  
"Setuju pak Dubes, semoga segera tidak ada lagi pengiriman TKW ke­luar negeri," sahut akun @LunaMocha.

"Pemerintah perlu moratorium TKI ke Malaysia & review MOURI-Malaysia," ujar akun @Tim_Pgbn.  
 "Moratorium Pengiriman TKI ke Malaysia akankah menjadi posisi ta­war terhadap TKI kita menjadi semakin kuat?" kata akun @kancantaradio. 
"TKI meninggal di Malaysia akibat perlakuan biadab. Sudah waktunya pemer­intah merevisi aturan pengiriman TKI ..." kecam akun @TaufikDarusman6.
Previous
Next Post »