Dengar Orang Bilang Indon? Tampar Mulutnya! Ini Sebenarnya Arti Indon...

Banyak netizen di media sosial Facebook khusus BMI asal Malaysia yang masih menggunakan kata "indon" saat sedang berkomentar di kolom komentar Facebook dengan tanpa rasa berdosa, tapi tahukah kamu apa sebenarnya arti indon yang sering digunakanoleh masyarakat Malaysia tersebut?


Dilansir dari Wikipedia, kata Indon adalah istilah ini negatif dan dianggap sebagai perkataan rasis yang setara dengan istilah negro (nigger) yang digunakan dunia berbahasa Inggris untuk ras Negroid. Selain itu, menurut Yasir Fatahillah, guru yang mengajar anak-anak pekerja perkebunan kelapa sawit, dalam bahasa tertentu di Malaysia, Indon berarti pelacur.

loading...
loading...


Selain itu, WNI lain yang juga bekerja di Sabah, Suwandi juga menolak jika disebut Indon. Menurut dia, dulu Indon adalah kepanjangan dari Indonesia Donkey (Keledai Indonesia), sebuah umpatan kepada warga Indonesia. Indon melekat kepada WNI karena stigma negatif bahwa Indonesia hanya bisa menjadi pekerja rumah tangga atau pekerja kasar seperti di perkebunan Malaysia.

Rakyat dan Pemerintah Indonesia menentang penggunaan istilah Indon tersebut. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur telah berulang-ulang melayangkan surat protes kepada media di Malaysia yang bersikukuh menggunakan istilah ini meski dinilai memiliki konotasi negatif.

Previous
Next Post »