Ratusan TKI Sukses "Panen" Dolar di Afrika

Sebanyak 500 TKI saat ini sedang bekerja di blok tambang bauksit di kota Boké, Guinea, dekat perbatasan Guinea-Bissau. Mereka turut menikmati boom bauksit di Guinea yang rekor investasinya mencapai lebih dari 200 juta ton pertahun dalam beberapa tahun terakhir.



Disini para TKI bekerja sebagai transporter bauksit dari pelabuhan dengan tag boat menuju kapal pengangkut yang berkapasitas 198ribu ton sekali angkut. Lingkungan kerja juga sangat kondusif dengan fasilitas lengkap seperti uang lembur dan bonus yang diterima sedikitnya 1250 – 1500 Dollar AS tiap bulannya.

loading...
loading...



"Tidak hanya itu, mereka juga dibekali dengan asuransi kesehatan yang turut mengcover keluarganya serta uang cuti plus tiket pergi-pulang ketika mengambil cuti," ujarnya.

“Tentunya kami akan dukung jika perusahaan ingin tambah karyawan dari Indonesia karena peraturan perusahaan cukup jelas, fasilitas yang diterima termasuk asuransi pekerja dan keluarganya di Indonesia. Lagipula perusahaan mendapatkan keuntungan yang sangat besar mencapai 3 miliar Dollar AS per tahun”, ujar Dubes Mansyur.

Selain terdapat 500 TKI yang bekerja di Boké, juga terdapat 4 TKI yang bekerja sebagai terapis spa di Hotel Sheraton, Conakry. Keempat TKI ini dikontrak selama dua tahun yang akan segera berakhir kontraknya pada bulan Februari 2018.


Previous
Next Post »