Gara-gara 20 Ribu TKI Ilegal di Sarawak, Menlu Pantau Perbatasan

Imigrasi Malaysia memperkirakan ada sekitar 20 ribu tenaga kerja Indonesia tak berdokumen di wilayah Serawak. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pun meminta aparat perbatasan memperkuat pengamanan.



"Negara harus hadir di perbatasan sebagai pintu terakhir pastikan WNI bermigrasi dengan aman," ujar Retno kepada aparat yang bertugas saat berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara Entikong, Kalimantan, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.

loading...
loading...



Kedua menteri bertolak dari Kucing menuju perbatasan memantau langsung pelayanan dan perlindungan WNI di pintu perlintasan utama TKI menuju Malaysia dan Brunei Darussalam tersebut. TKI biasanya masuk ke wilayah Malaysia melalui jalur Entikong-Tebedu.

Berdasarkan perkiraan Kemlu, ada sekitar 700-800 WNI masuk ke Malaysia dan Brunei Darussalam melalui jalur tersebut setiap harinya.

Perbatasan Kalimantan Barat dan Serawak itu belakangan juga sering dijadikan jalur perdagangan manusia dari Indonesia ke Timur Tengah. Secara keseluruhan, kini ada 155 ribu WNI yang bekerja secara resmi di Serawak. Jumlah tersebut mencakup 95 persen dari seluruh tenaga kerja asing yang ada di Serawak.
Previous
Next Post »