Menurut Bank Dunia, Total Kiriman Uang TKI ke kampung Sebesar Rp118 Triliun

Bank Dunia mencatat kontribusi pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia/TKI ke negara asalnya mencapai US$8,9 miliar atau setara Rp118 triliun pada 2016 lalu. Realisasi ini setara dengan satu persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.



Rodrigo Chaves, Perwakilan Bank Dunia di Indonesia mengatakan, sumbangan remitansi ini berasal dari sekitar 9 juta imigran Indonesia yang bekerja di luar Indonesia.

loading...
loading...


"Jumlah remitansi mencapai Rp118 triliun. Ini sekitar satu persen dari PDB dan memberi sumbangan ke pajak sekitar 10 persen," ujarnya saat memaparkan data imigran Bank Dunia.

Menurut Bank Dunia, jumlah ini mencerminkan bahwa pendapatan para TKI jauh lebih besar ketika bekerja di luar negeri dibandingkan di dalam negeri. "Rata-rata pekerja imgran memperoleh penghasilan sekitar enam kali lebih tinggi ketika bekerja di luar negeri," katanya.

Dengan penghasilan tersebut, kalkulasi Bank Dunia menunjukkan bahwa pendapatan para TKI mampu mengurangi kemungkinan rumah tangga jatuh miskin sebanyak 28 persen.

Sementara, dari sisi persebaran, sekitar 55 persen TKI menjadi pekerja di Malaysia. Lalu, sekitar 13 persen ke Arab Saudi, 10 persen ke China Taipei, 6 persen ke Hong Kong, 5 persen ke Singapura, dan sisanya tersebar di negara-negara lain.



Previous
Next Post »