Gaji TKI di Korea Selatan Rp 30 Juta per Bulan, Benarkah?

Korea Selatan membuka peluang bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk bekerja di sektor manufaktur di negeri itu. Kendati lowongan yang tersedia umumnya pada industri skala kecil, tapi fasilitas dan take home pay yang diberikan setara dengan industri besar di negara ginseng tersebut.



"Gaji dasar TKI di korsel itu sekitar 6.500 won per jam. Sudah disediakan tempat tinggal dan makan dua kali sehari. Perlundungan asuransinya juga memadai," kata Ferry, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat.

loading...
loading...


Dalam satu bulan, satu orang TKI bisa mengantongi sekitar Rp 14 juta. Jika rajin bekerja lembur, gaji yang diterima bisa mencapai Rp 30 juta. Dalam kondisi paling boros sekalipun, menurut Ferry, TKI bisa menabung sekitar Rp 100 juta per bulan karena biaya hidup di Korsel yang tidak terlampau tinggi.

"Untuk bekerja di Korsel, yang harus disiapkan adalah kemampuan bahasa dan perilaku. Tidak boleh buang sampah sembarangan, merokok sembarangan, menyebrang sembarangan, dan menerobos lampu lalu lintas," ujar Ferry.

Perilaku, menurut dia, menjadi pekerjaan rumah terbesar yang harus disiapkan calon TKI ke Korsel. Pasalnya, sekecil apapun catatan negatif yang ditorehkan di negara tersebut, akan menghambat proses pengajuan perpanjangan kerja di Korsel setelah kontrak tiga tahun pertama selesai.
Previous
Next Post »