Jadi Tempat Favorit, TKI Indonesia Siap "Serbu" Korea Selatan

(BNP2TKI) mencatat Korea Selatan menjadi negara favorit calon Tenaga Kerja Indonesia yang menginginkan bekerja di luar negeri. Korea selatan menjadi tempat favorit karena dinilai bisa memberi gaji yang tinggi.



Korea selatan kini menjadi tempat tujuan favorit bagi para Tenaga Kerja Indonesia. pendaftar TKI yang berminat bekerja di Korea Selatan lewat kerjasama program antar pemerintah bahkan menembus 30 ribu orang pelamar.

loading...
loading...



“Kalau dari peminatnya, Korea Selatan itu luar biasa karena gajinya,” kata Heryadi Agah, Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, di Bandung.

Korea Selatan jadi favorit karena gajinya yang tinggi. Upah minimum Korea Selatan tahun 2017 misalnya mematok 1.375 Won, setara Rp 16 juta per bulan. 

“Artinya tidak ada gaji di bawah itu. Dari salinan perjanjian kerjaya ada yang dibayar Rp 18 juta sampai Rp 20 juta per bulan. Itu ‘takehome-pay’, dengan lembur bisa mendapat Rp 30 juta per bulan,” kata dia.

Heryadi mengatakan, Korea Selatan juga tidak mematok persyaratan berat. Pendidikan minimal SLTP pun masih diterima, namun para calon TKI tersebut di wajibkan bisa berbahasa Korea Selatan karena disana akan ada pelatihan.

Previous
Next Post »