Hati-Hati! Pinjami Modal Jadi TKW, Ujungnya Dijual Ke Hidung Belang

Sekretaris Pusat Pemberdayaan Perempuan dan Anak Karawang mengungkap sebuah modus penipuan perdagangan manusia baru yang menggunakan pinjam-meminjam uang sebagai iming-iming di salah satu desa di Kecamatan Cilebar.



Ia mengatakan, penelitian tersebut menggunakan metode wawancara dengan puluhan perempuan di daerah tersebut. Responden rata-rata sudah pernah bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW)


loading...
loading...



Pelaku mengincar perempuan dari keluarga ekonomi rendah. Kemudian pelaku menawarkan pekerjaan kepada sejumlah perempuan miskin. Pelaku ini menawarkan uang pinjaman sebesar Rp 8 juta dengan syarat pengembaliannya dapat dilakukan ketika para korban sudah diterima kerja.

Mereka menawarkan pekerjaan di minimarket-minimarket untuk wilayah Malaysia dan Arab Saudi. Lebih parah lagi, ada juga yang mengaku pekerjaan tidak sesuai dan mereka harus mengganti uang pinjaman yang tiba-tiba berbunga tinggi. Dari pinjaman Rp8 juta bisa mengganti hingga Rp20 juta," kata dia.

Ia mengatakan modus pekerjaan menjadi TKW dengan modal pinjaman ini berpotensi terjadi penjualan manusia sehingga sosialisasi pun terus digalakkan pihaknya untuk memberikan pemahaman kepada calon-calon korban.
Previous
Next Post »